header-int

Apa Itu FOMO Mengenal Lebih Jauh Tentang Fear of Missing Out

Kamis, 22 Feb 2024, 20:09:56 WIB - 149 View
Share
Apa Itu FOMO Mengenal Lebih Jauh Tentang Fear of Missing Out

Apa Itu FOMO adalah singkatan dari Fear of Missing Out dan merupakan istilah yang menggambarkan ketakutan atau kecemasan seseorang. Karena kehilangan momen dan pengalaman menyenangkan dan bermakna yang dialami orang lain. Istilah ini semakin umum dalam budaya populer, terutama sejak meningkatnya penggunaan media sosial.

Asal Usul FOMO

FOMO pertama kali diidentifikasi oleh pakar pemasaran dan penulis Patrick J. McGinnis pada awal tahun 2000-an. Dalam sebuah esai untuk Harvard Business School Journal, ia mendefinisikan FOMO sebagai "ketakutan membuat pilihan yang kurang optimal." Namun konsep ini tidak hanya berubah menjadi rasa takut salah mengambil keputusan, tetapi juga menjadi rasa cemas karena tidak ketinggalan peristiwa menarik yang terjadi di sekitar kita.

Ekspresi FOMO

FOMO dapat terjadi dalam berbagai situasi, antara lain:

  • Media sosial: Melihat postingan teman dan orang lain tentang suatu hal, peristiwa, dan pengalaman yang terkesan menyenangkan atau menarik dapat memicu perasaan.
  • Acara sosial:  dapat terjadi ketika seseorang merasa tidak diundang atau tidak dapat menghadiri acara atau pertemuan sosial tertentu.
  • Tren dan aktivitas populer: Melihat orang lain berpartisipasi dalam tren dan aktivitas yang sedang populer, seperti jalan-jalan ke liburan eksotik atau menghadiri festival musik, dapat menyebabkan.
  • Kolaborasi dan Peluang: Jika Anda merasa tersisih dari peluang karir dan kolaborasi di lingkungan kerja atau bisnis Anda, dapat menjadi faktor penyebabnya.

Dampak FOMO

Meski tergolong fenomena sosial yang tergolong baru, FOMO dapat menimbulkan dampak serius pada kesehatan mental seseorang, antara lain:

  • Stres dan kecemasan: Terus-menerus merasa kehilangan sesuatu yang penting atau menyenangkan dapat menyebabkan stres dan kecemasan kronis.
  • Kurangnya kepuasan dan kebahagiaan: dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk menikmati masa kini dan merasa puas dengan apa yang dimilikinya.
  • Mengganggu konsentrasi dan produktivitas: Terus menerus mengecek media sosial atau mengkhawatirkan apa yang terjadi di media sosial dapat mengganggu konsentrasi dan produktivitas seseorang.

Mengelola FOMO

Ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk mengelola FOMO.

  • Batasan waktu media sosial: Batasi waktu yang Anda habiskan di media sosial dan pantau akun yang Anda ikuti untuk meminimalkan paparan terhadap.
  • Latih Perhatian: Berlatihlah untuk hadir sepenuhnya pada saat ini dan hargai segala sesuatu di sekitar Anda.
  • Ingat prioritas dan nilai-nilai pribadi Anda: Fokus pada apa yang benar-benar penting dan berharga bagi Anda secara pribadi, bukan hanya apa yang terlihat menarik atau populer.
  • Berkomunikasi secara terbuka: Berbicara dengan teman dan keluarga tentang perasaan  yang Anda alami dapat mengurangi kecemasan dan membangun ikatan yang lebih kuat.

Fomo merupakan hal yang umum dalam masyarakat yang terhubung secara digital saat ini, namun dengan kesadaran dan strategi yang tepat, Anda dapat mengelola perasaan ini dan menjalani kehidupan yang lebih seimbang dan memuaskan.

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube