header-int

Ciri Ciri Cerpen

Selasa, 26 Mar 2024, 15:21:20 WIB - 461 View
Share
Ciri Ciri Cerpen

Artikel ini tidak hanya akan menjelaskan pengertian berita tetapi juga jenis-jenis berita. Tidak semua pesan selalu tergolong berita. Ada berbagai macam pilihan terbaik termasuk salah satu topik pembahasan kali ini adalah tentang ciri ciri cerpen, Yang pada umumnya jenis cerpen/cerpen yang biasa ditulis oleh para penulis. Cerpen mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan karya sastra lainnya. Ciri-ciri pesan tersebut adalah sebagai berikut :

Umumnya cerita pendek diciptakan atau ditulis oleh pengarangnya sendiri.
Cerita pendek memuat tidak lebih dari 10.000 (sepuluh ribu) kata.
Ketika membaca cerpen, biasanya pembacaannya dilakukan dalam sekali duduk.
Cerita pendek mempunyai bentuk narasi yang sangat pendek.
Cerpen bercirikan diksi atau pilihan kata yang sederhana sehingga mudah dipahami pembacanya.
Sebuah cerita pendek hanya mempunyai satu alur atau alur cerita.
Berita biasanya berasal dari kejadian sehari-hari.
Tokoh-tokoh dalam cerita ini sangat sederhana.

Jenis cerita pendek (cerpen)

Mempelajari lebih banyak tentang apa itu berita bukan hanya tentang mengetahui apa arti berita. Berikut berbagai jenis cerita pendek yang perlu Anda ketahui:

1. Cerita pendek
Seperti kita ketahui, cerita pendek merupakan jenis cerita yang kurang dari 10.000 kata. Jenis berita yang pertama adalah cerita pendek. Dan seperti namanya, cerpen ini cenderung lebih pendek dibandingkan jenis cerpen lainnya. Panjang kata sebuah cerita pendek berkisar antara 500 hingga 700 kata.

 Esai fiksi ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa dengan bahasa yang singkat, padat, berkesan dan efektif. Bagian pembuka biasanya sangat singkat, sekitar 1-2 paragraf, lalu berlanjut ke bagian konflik utama. Bagian akhir juga biasanya lebih pendek dibandingkan jenis cerita pendek lainnya.

2. Cerpen sederhana
Jenis berita atau cerpen yang kedua adalah berita biasa. Cerita pendek berukuran sedang biasanya terdiri dari 700 hingga 1.000 kata. Cerpen berukuran sedang juga mudah ditemukan di buku teks karena dianggap efektif dan menarik perhatian.

Cerita pendek berukuran sedang sedikit lebih panjang dari cerita pendek. Oleh karena itu, bagian pembuka akan sedikit lebih panjang dibandingkan cerita pendek. Selain itu, karakter tokoh yang diceritakan dapat dijelaskan dengan kalimat yang lebih jelas. Selain itu, cerita pendek biasanya digunakan untuk menjelaskan cerita secara lebih detail.

3. Cerita pendek yang panjang
Jenis cerita pendek yang terakhir adalah cerita panjang. Cerita pendek ini biasanya berisi sekitar 1.000 kata atau lebih. Bahkan ada cerita pendek yang panjangnya hampir 5.000 kata atau bahkan 10.000 kata. Cerpen jenis ini mempunyai ciri umum penuturan yang santai.

Karena penulis ingin menceritakan cerita yang relatif panjang, maka bagian pembuka dan penutup biasanya juga cukup panjang. Pengenalan bagian konflik juga dibuat lebih panjang dari biasanya, sehingga pembaca dapat memahami cerita lebih detail. Ciri Ciri Cerpen jenis ini umumnya jarang ditampilkan dalam buku teks karena cukup panjang.

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube