header-int

Memahami Pengertian Dan Ciri-ciri nya

Jumat, 01 Mar 2024, 15:45:29 WIB - 309 View
Share
Memahami Pengertian Dan Ciri-ciri nya

Pengertian sosiologi menurut pendapat para ahli

Selain itu, beberapa ahli mengungkapkan pentingnya sosiologi

1. Sorokin

Sorokin juga memandang teori sosiologi, dimana terdapat tiga teori utama dalam sosiologi antara lain diferensiasi sosial, stratifikasi sosial, dan konflik sosial.

2. Maximilian Carl Emil Weber

Pemahaman sosiologi selanjutnya datang dari Maximilian Carl Emil Weber atau lebih dikenal dengan Max Weber. Sosiologi menurut Max Weber adalah ilmu yang mencoba memahami suatu tindakan atau tindakan sosial secara interpretatif untuk mendapatkan penjelasan tentang sebab atau sebab.

3. David Emile Durkheim

Sosiolog Perancis David Emile Durkheim memiliki pemahamannya sendiri tentang sosiologi. Ia percaya bahwa sosiologi adalah ilmu yang bertujuan untuk memahami struktur sosial.

Bersama Max Weber dan Karl Marx, Durkheim dianggap sebagai mediator pemahaman akademis sosiologi.

Setelah memahami pengertian sosiologi dari beberapa ahli yang disebutkan di atas, maka dapat dipahami bahwa yang menjadi subjek kajian sosiologi adalah manusia itu sendiri atau peranan manusia sebagai makhluk sosial

Ciri-ciri sosiologis

Setelah membahas tentang pentingnya sosiologi, untuk lebih memahami sosiologi Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri sosiologi. Berikut ciri-ciri sosiologi yang perlu Anda ketahui

1. Sosiologi bersifat kumulatif

Ciri-ciri sosiologi yang pertama adalah sosiologi bersifat kumulatif, artinya sosiologi diciptakan berdasarkan teori-teori yang sudah ada kemudian disempurnakan dan diperluas untuk memperkuat teori-teori sebelumnya. Dengan kata lain, teori sosiologi dapat diperiksa dan dikaji secara kritis kapan saja oleh mereka yang memahaminya atau objektif.

2. Sosiologi yang tidak etis

Sosiologi tidak etis, yaitu membicarakan permasalahan sosiologi tanpa menanyakan baik atau buruknya. Namun fokusnya lebih pada penjelasan mendalam tentang bagaimana suatu permasalahan bisa muncul dalam suatu lingkungan sosial.

3. Sosiologi bersifat empiris

Sosiologi ini bersifat empiris, yaitu suatu sikap sosiologi yang berdasarkan pengamatan dan akal sehat, yang hasilnya tidak bersifat spekulatif. Sosiologi juga merupakan ilmu nyata yang didasarkan pada fakta-fakta logis dan bukan pada imajinasi atau fantasi.

4. Sosiologi adalah sebuah teori

Sosiologi bersifat teoritis, artinya ilmu yang dikembangkan nantinya didasarkan pada data dan hasil observasi yang lebih akurat. Ciri teoritis ini menekankan pada hubungan sebab akibat antara fenomena sosial yang ada di masyarakat. Sosiologi teoretis kemudian akan menekankan pada menghasilkan formulasi yang memberikan kerangka kerja untuk mengatur berbagai elemen logis

Contoh sosiologis

Pada prinsipnya tentu saja ciri-ciri sosiologi seluruh aspek kehidupan manusia sebagai anggota masyarakat dapat menjadi ladang penerapan ilmu sosiologi. Oleh karena itu, pengetahuan sosiologi sangat penting bagi setiap orang.

Mengetahui pentingnya sosiologi akan membantu setiap orang dan memungkinkan mereka untuk lebih mudah menjalankan perannya dalam masyarakat dengan wawasan yang komprehensif.

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube