header-int

Rumus Bangun Datar dan Bangun Ruang

Rabu, 20 Mar 2024, 18:34:41 WIB - 240 View
Share
Rumus Bangun Datar dan Bangun Ruang

Mengetahui cara menghitung luas dan keliling bangun datar dapat membantu ketika merencanakan dan membangun struktur bangunan.

Menghitung luas dan keliling bangun datar
 Mari kita lihat contoh penerapannya.

Rumus kuadrat dan contoh penerapan rumus kuadrat
Rumus luas persegi = sisi x sisi

Rumus Keliling Persegi = 4 X Sisi

Rumus Luas Persegi = Panjang x Lebar

Rumus Keliling Persegi Panjang = 2 (Panjang + Lebar)

Katakanlah Anda mempunyai lapangan sepak bola yang panjang sisinya 50 meter. Untuk menghitung luasnya, Anda bisa menggunakan rumus luas persegi, yaitu panjang sisi dikalikan panjang sisi. Dalam hal ini luas lapangan sepak bola adalah 50 meter x 50 meter = 2.500 meter persegi. Untuk keliling persegi, gunakan rumus keliling persegi, yaitu empat kali panjang sisinya. Pada contoh ini keliling lapangan sepak bola adalah 4 x 50 meter = 200 meter.
Rumus segitiga dan contoh penerapan rumus segitiga
Rumus luas dari segitiga = 1/2 x alas x tinggi

Rumus Keliling Segitiga = 3 X Sisi

Misalkan Anda mempunyai sebuah segitiga yang panjang alasnya 10 meter dan tinggi 8 meter. Luas dihitung sebagai berikut: 1/2 kali panjang alas dikali tinggi. Segitiga yang sisi-sisinya mempunyai panjang a, b dan c, maka kelilingnya adalah a + b + c.

Contoh penerapan rumus segitiga dan rumus lingkaran:
Rumus luas segitiga = π (pi) X radius (r)

Rumus keliling segitiga = 2 x π (pi) x jari-jari (r)

Besarnya π (pi) = 3,14 atau 22/7

Katakanlah Anda memiliki sebuah rumus bangun ruang lingkaran dengan radius 5 meter. Untuk menghitung luas lingkaran, gunakan rumus luas lingkaran, yaitu π (pi) dikalikan kuadrat jari-jarinya. Jadi luas lingkaran tersebut adalah 3,14 x 5 meter x 5 meter = 78,5 meter persegi. Untuk keliling lingkaran, gunakan rumus 2π (pi) dikali jari-jari. Jadi keliling lingkaran tersebut adalah 2 x 3,14 x 5 meter = 31,4 meter.

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube