header-int

Sebutkan Ciri-Ciri Pantun

Selasa, 26 Mar 2024, 15:24:14 WIB - 292 View
Share
Sebutkan Ciri-Ciri Pantun

Pantun merupakan salah satu jenis puisi kuno Indonesia. Setiap bait biasanya terdiri atas empat baris rima (a-b-a-b), setiap baris biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan kedua biasanya untuk pelengkap dan baris ketiga dan keempat sebagai isi. (KBBI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
Puisi berperan dalam menjaga tuturan, fungsi kata, dan kemampuan menjaga alur pikiran. Puisi bukanlah sembarang jenis puisi kuno, namun mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis puisi kuno lainnya.

Ada banyak jenisnya yang dapat dibagi ke dalam kelompok yang berbeda-beda, mulai dari lagu anak-anak untuk anak-anak hingga lagu anak-anak untuk orang tua. Ada juga pantun dari suka hingga sedih. Anda dapat berima dengan mudah jika Anda memahami cara berima dengan baik dan benar.
Namun sebelum membahas langkah-langkah membuat pantun, Anda harus memahami terlebih dahulu ciri-ciri dan jenis pantun.

Hakikat Puisi

Menurut situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pantun mempunyai ciri kebahasaan yang sangat kuat yang membedakannya dengan jenis puisi kuno lainnya. Berikut ciri-ciri puisi tersebut:

1. Setiap bait terdiri dari empat baris

Puisi tersebut mempunyai keistimewaan yaitu setiap baitnya selalu terdiri atas empat baris. Sederet kata dalam puisi disebut juga baris.

2. Terdiri dari 8 sampai 12 suku kata per baris

Setiap baris puisi dibuat sesingkat mungkin, namun tetap mengandung isi yang padat. Oleh karena itu, setiap bait puisi umumnya terdiri dari 8 hingga 12 suku kata.

3. Puisi mempunyai akhir dan isi

Lampiran merupakan pendahuluan yang biasanya tidak berkaitan dengan isi, melainkan menggambarkan peristiwa atau adat istiadat yang terjadi di masyarakat. Dalam rangkaian pantun, penutupnya berada pada baris pertama dan kedua. Sementara itu, lengkapi sajak pada baris ketiga dan keempat.

4. sajak atau pantun A-B-A-B

Sajak atau rima merupakan persamaan bunyi yang terdapat dalam puisi. Khusus untuk Puisi, ciri khas rimanya adalah a-b-a-b.

Jenis Puisi

Jenis pantun sangat beragam. Dikutip dalam buku Peribahasa, Puisi, Puisi, Puisi karya Teguh Indriawan, berikut ini jenis-jenis Puisi menurut kelompoknya:

1. Macam-macam lagu anak yang terdiri atas :

Puisi bahagia
simpati
2. Jenis-jenis lagu anak remaja, terdiri atas :

pantun jenaka
Sajak atau takdir komersial
Puisi Muda:
- Puisi untuk mengenali dirinya sendiri
- Puisi itu penuh kasih sayang
- Puisi perceraian
- Puisi memiliki kasih sayang
3. Jenis puisi orang tua yang terdiri atas :

tip sajak
Puisi tradisional
puisi religi

Sekarang Anda sudah memahami Sebutkan ciri-ciri Pantun dan jenis-jenis Pantun. Selanjutnya mari kita bahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat sajak yang baik dan benar.

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube