header-int

Ciri-Ciri Kucing Rabies

Selasa, 26 Mar 2024, 15:33:52 WIB - 300 View
Share
Ciri-Ciri Kucing Rabies

Ternyata kucing termasuk hewan yang juga bisa tertular rabies. Jika Anda digigit kucing yang terinfeksi rabies, ada kemungkinan Anda juga bisa tertular penyakit tersebut. Dan rabies merupakan penyakit kulit yang sangat berbahaya. Meski rabies biasa disebut sebagai penyakit anjing gila, ternyata kucing juga bisa menjadi jalur penularannya. Mungkin sebagian besar dari Anda yang masih awam mengira hanya anjing yang bisa menularkan atau menularkan rabies, namun nyatanya kucing juga termasuk hewan yang bisa menularkan. Kecuali kucing, semua makhluk berdarah panas sama rentannya terhadap rabies, dan itu berlaku untuk kita semua.  Untuk itu, Anda harus waspada dalam mengetahui ciri-ciri kucing yang terjangkit rabies. Baca ini secara detail.

Gejala rabies pada kucing

Jika Anda melihat tanda-tanda kucing ganas di bawah dan tangan atau bagian tubuh Anda lainnya telah digigit kucing tersebut, segera dapatkan bantuan profesional sebelum terlambat.

Kemarahan diam-dia

Karena marah, kucing akan menjadi pendiam, suka menyendiri, bersembunyi, dan yang paling jelas kehilangan vitalitasnya. Beberapa kucing mengalami kelumpuhan, tidak bernyawa, dan tubuhnya sering gemetar seperti kedinginan.

Kemarahan membuatmu buta

Rabies adalah kategori penyakit yang ditandai dengan rasa takut terhadap air atau hidrofobia. Ada juga yang mengatakan bahwa hewan yang terinfeksi rabies tidak bersifat hidrofobik, namun hanya orang yang terinfeksi rabies saja yang mengalami hidrofobia. Namun orang lain mengatakan hal yang berbeda. Hal ini terbukti dengan memberikan air pada kucing yang haus dan gila, maka kucing tersebut akan mengalami kejang otot yang membuatnya tampak seperti takut air.

grogi

Kucing juga mudah gelisah. Dan perasaan takut ini tidak memiliki alasan tertentu. Jika hal ini terjadi pada kucing Anda, Anda perlu waspada: bisa saja ia tertular virus rabies.

Reaksi yang tidak masuk akal

Perilaku kucing juga berubah ketika tertular rabies karena sarafnya telah diserang. Biasanya, hewan yang tertular rabies, termasuk kucing, menjadi lebih ganas. Kucing ini akan senang menggigit dan menyerang apapun yang bergerak, termasuk Anda. Kalaupun Anda memelihara kucing ini sejak kecil, karena jika tertular virus rabies, sarafnya akan terganggu.

Kemarahan yang tak berbentuk

Kucing juga bisa menunjukkan tanda atau gejala rabies tanpa bentuk apapun. Gejala yang terjadi pada rabies jenis ini adalah kucing sering merasa gatal, ligamen robek atau kejang otot, serta menjadi kaku dan sembelit.

Langkah pertama saat digigit kucing gila

Jika Anda digigit kucing rabies yang tampaknya mengidap rabies, segera bersihkan area yang terkena rabies dengan deterjen dan bilas dengan air mengalir selama 10 menit. Lalu cuci kembali dengan alkohol 70% dan tambahkan obat merah dan cairan antiseptik. Terakhir, segera dapatkan bantuan medis. Sekian artikel tentang ciri-ciri kucing ganas, semoga bermanfaat
,

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube