header-int

Daftar Ciri Ciri Kolesterol Tinggi Terbaru 2024

Selasa, 26 Mar 2024, 15:39:25 WIB - 281 View
Share
Daftar Ciri Ciri Kolesterol Tinggi Terbaru 2024

Ciri Kolesterol Tinggi penting untuk diketahui agar keadaannya dapat segera diobati dan kadar kolesterol dapat kembali normal. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan, terutama pada jantung, seperti stroke atau penyakit jantung koroner.

Gejala-gejala tersebut seringkali muncul tanpa disadari. Lalu apa saja tanda-tanda kolesterol tinggi? Baca selengkapnya di bawah ini.

Gejala kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol tinggi terkadang tidak menunjukkan gejala khusus sehingga sering diabaikan. Faktanya, beberapa gejala yang cukup umum terjadi, seperti rasa lelah dan kesemutan. Jadi, jika gejala tersebut sangat sering terjadi, sebaiknya berhati-hati.

 Ada beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai, di antaranya sebagai berikut.

Terdapat Tumor di sekitar mata (xanthoma)

Ciri kolesterol tinggi ini cukup jarang terjadi, xanthoma merupakan suatu kondisi dimana lemak tumbuh dan berkembang di bawah kulit. Xanthoma sering ditemukan di area kelopak mata sebagai tumor lemak berwarna kekuningan. Namun tak hanya di bawah mata, xanthoma juga bisa tumbuh di organ dalam.

Sebenarnya kondisi ini tidak berbahaya, namun gejala ini merupakan indikasi adanya gangguan kesehatan tertentu. seperti kadar kolesterol tinggi atau diabetes kronis.

Sering mengantuk

Gejala kolesterol tinggi juga kerap membuat penderitanya mengantuk, bahkan hampir sepanjang waktu. Pasalnya, kadar kolesterol yang tinggi dapat menghambat sirkulasi darah sehingga aliran oksigen tidak berfungsi dengan baik. Keadaan ini akan membuat Anda mudah tertidur. Selain merasa mengantuk, Anda mungkin lebih mudah merasa lelah saat melakukan aktivitas.

Hilangnya nafsu makan

Tanda kolesterol tinggi lainnya adalah hilangnya nafsu makan. Namun gejala ini sering kali diabaikan. Jadi, jika Anda memiliki riwayat kolesterol dan merasa nafsu makan tiba-tiba menurun, ada baiknya Anda segera memeriksakan kolesterol Anda. Dengan melakukan tes sejak dini, Anda bisa mendapatkan pengobatan lebih cepat untuk mencegah kenaikan kadar kolesterol dan menimbulkan komplikasi lain, seperti penyakit kardiovaskular.

Mengalami Stres

Tahukah Anda kalau stres merupakan salah satu gejala kolesterol tinggi? Ya, karena bila kadar kolesterol jahat di otak terlalu tinggi, maka bisa mengganggu kemampuan otak dalam mengatur emosi.

Jadi ketika kadar kolesterol Anda tinggi, Anda berisiko merasa stres. Lebih buruk lagi, hal ini dapat menyebabkan depresi dan bahkan Alzheimer. Selain menurunkan kadar kolesterol, Anda juga harus mampu mengelola stres.

Pertambahan berat badan

Makan berlebihan bisa memicu penambahan berat badan, apalagi jika Anda tidak memperhatikan asupan kalori dan jenis makanan yang Anda makan. Pertambahan berat badan yang tidak sehat ini dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol. Gejala ini seharusnya mudah dikenali.

Oleh karena itu, bila kolesterol kambuh atau tidak kambuh, usahakan untuk menjaga pola makan sehat dan berolahraga lebih giat, minimal 2-3 kali seminggu.

Sering kejang pada malam hari

Gejala kolesterol tinggi pada pria dan wanita selanjutnya adalah seringnya rasa kram di malam hari. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh posisi tidur yang salah. Namun bedanya, jika disebabkan oleh kolesterol, Anda akan merasakan kram pada telapak kaki, jari kaki, dan tumit.

Untuk mengatasi kram, Anda bisa meluruskan kaki di atas kasur. Kemudian, pegang telapak kaki Anda dan dorong perlahan ke dalam agar aliran darah kembali lancar.

Nyeri dada

Tanda kolesterol tinggi selanjutnya adalah nyeri dada. Pasalnya, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan endapan berbahaya pada dinding arteri (aterosklerosis). Akibatnya, endapan tersebut mengurangi aliran darah arteri dan menyebabkan nyeri dada.
?

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube