header-int

Pengertian Dan Ciri Ciri Poster 2024

Selasa, 26 Mar 2024, 15:36:05 WIB - 302 View
Share
Pengertian Dan Ciri Ciri Poster 2024

Ciri-Ciri Poster Di zaman sekarang ini informasi disajikan dengan cara yang berbeda-beda melalui berbagai media. Poster merupakan salah satu bentuk komunikasi visual yang efektif menyampaikan informasi. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara detail pengertian dan ciri-ciri utama poster, kegunaan, fungsi, jenis-jenis, serta langkah-langkah pembuatannya sebenarnya. Dengan memahami hal tersebut secara komprehensif, TelUtizen dapat mengoptimalkan kemampuannya dalam mendesain poster yang tidak hanya menarik perhatian, namun juga efektif menyampaikan pesan yang ingin disampaikan.

Definisi Poster

Poster adalah suatu media publikasi yang menggunakan teks, gambar, atau gabungan keduanya untuk menyampaikan suatu ide atau konsep dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster adalah poster yang dipasang di tempat umum dalam bentuk pengumuman atau iklan. Selain sebagai sarana penyampaian informasi, fungsi poster juga berfungsi sebagai ajakan atau ajakan bertindak. Poster biasanya ditempel di dinding atau lokasi penting lainnya yang sering dikunjungi banyak orang agar mudah dibaca.

Tujuan poster berbeda-beda tergantung keinginan dan minat pembuatnya, seperti aspek komersial, informasi publik, atau tujuan kemanusiaan. Seiring berkembangnya zaman, poster tidak lagi hanya sebatas format cetak saja, namun juga ada dalam format online. Karya seni grafis ini seringkali ditempatkan pada media datar, seperti dinding atau permukaan datar, dengan menggunakan warna yang berbeda-beda, gambar yang menarik, dan slogan untuk menarik perhatian.

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Nana Sujana dan Ahmad Levi:

Poster menggabungkan desain visual yang kuat, disempurnakan dengan penggunaan warna-warna menarik, dengan pesan yang dirancang untuk menarik perhatian orang dan melekatkan ide-ide yang berkesan dalam pikiran mereka.

Azhar Arsyad:

sebuah media visual dua dimensi, poster berisi gambar dan pesan singkat yang dimaksudkan untuk menyampaikan informasi tertentu dan mempengaruhi pemirsanya.

Sri Anita

Poster adalah suatu gambar yang memadukan unsur-unsur visual seperti garis, teks, dan gambar dengan tujuan untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan secara ringkas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, poster dapat diartikan sebagai suatu media yang terdiri dari lambang-lambang dan lambang tertulis yang berisi anjuran dan larangan yang sangat sederhana dan mudah dipahami.

Fitur Posternya

Sebagai media penyampaian pesan, poster mempunyai ciri khas yang luar biasa. Fitur-fitur ini meliputi:

  • Berisi teks persuasif atau ajakan untuk memotivasi tindakan atau reaksi tertentu, Postrer dan dapat berbentuk slogan.
  • Gunakan bahasa yang sederhana, ringkas, jelas, dan mudah dipahami untuk menyampaikan pesan Anda secara efektif.
  • Sampaikan pesan Anda dengan menggabungkan elemen seperti huruf, angka, simbol, dan gambar.
  • Gunakan kalimat yang jelas dan gaya penulisan yang bervariasi untuk meningkatkan daya tarik visual.
  • Biasanya motif menarik didesain di atas kertas atau kain.
  • Berisi elemen visual seperti sketsa, lukisan, dan kombinasi warna untuk meningkatkan minat dan memperlancar komunikasi visual.
  • Konten yang disajikan tidak panjang.
  • Sekilas saja bisa menarik perhatian orang dan meninggalkan kesan yang kuat.
  • Hal ini bertujuan untuk menyampaikan ide tertentu dan mencapai tujuan utama .
  • Letakkan di permukaan yang datar, di tempat yang strategis, atau di tempat umum agar dapat dilihat banyak orang.
    ?

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube