header-int

Terjunkan 29 Mahasiswa Dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

Rabu, 20 Mar 2024, 16:34:48 WIB - 217 View
Share
Terjunkan 29 Mahasiswa Dalam Ekspedisi Nusantara Jaya

Kali ini UI akan mengikuti kegiatan program lama seperti Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta atau Ibu Kota. Program ini dilaksanakan antara tanggal 1 hingga 8 Oktober 2016. UI mengirimkan 29 mahasiswa dari berbagai fakultas untuk melakukan 9 program pengabdian di Pulau Tidong. Program nirlaba ini terbagi dalam tiga tema utama yaitu seni kreatif, kesehatan lingkungan, dan pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi sosial budaya Pulau Tidong.

Program ekonomi kreatif yang dilaksanakan antara lain adalah pelatihan ibu rumah tangga untuk memproduksi minyak kelapa murni (VCO), pembuatan website dengan nama domain village.id, dan pembuatan peta potensi wisata Pulau Tidung. Nantinya, situs yang dibuat akan menjadi saluran media untuk mempromosikan potensi bisnis dan wisata berbasis komunitas Pulau Tidong kepada seluruh masyarakat.

“Beberapa anggota tim kami, mahasiswa Geografi, membantu membuat peta potensi wisata Tidong di kecamatan ini dengan menggunakan aplikasi geografis,” kata Direktur Program ENJ UI, Putri.

Selain itu, tim UI mengusulkan program pelatihan UKS (Unit Kesehatan Sekolah) cerdas bagi dokter muda di Pulau Tidong berupa materi gizi dan pola hidup sehat. Dalam rangka pelaksanaan kegiatan kesehatan lingkungan, tim UI akan memberikan layanan pemeriksaan gratis pada hari pertama dan akan bekerja di tingkat masyarakat untuk membersihkan pantai pada hari terakhir.

Pada saat yang sama, program pelatihan mencakup pembentukan komite berbahasa Inggris, materi pelatihan berbahasa Inggris bagi siswa yang mengikuti pelatihan kejuruan, dan program pelatihan tentang pembuangan sampah kota. Tujuan dari semua program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk lokal dan memaksimalkan peluang lokal untuk pertumbuhan pariwisata lokal.

ENJ merupakan program penelitian kelautan Indonesia yang terdiri dari pelajar generasi muda, penjelajah, dan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Indonesia. Tahun ini ENJ mengusung tema Sadar Pemuda yang tema utamanya adalah “Meningkatkan pengetahuan kelautan generasi muda dan menghubungkan pulau-pulau perbatasan NKRI”.

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube