header-int

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Perlu Diketahui

Senin, 26 Feb 2024, 18:18:39 WIB - 325 View
Share
Ciri-Ciri Hamil Muda yang Perlu Diketahui

Ciri-ciri kehamilan 4 hari

Beberapa wanita mungkin mengalami gejala kehamilan beberapa minggu setelah ovulasi. Namun, banyak juga wanita yang mengalami gejala ringan beberapa hari setelah berhubungan seks. Menurut Healthline, ciri-ciri kehamilan dini adalah sebagai berikut.

1. Kram

Kram perut bisa menjadi tanda awal kehamilan. Kram biasanya terjadi pada panggul, perut, dan punggung bawah. Kram disebabkan oleh implantasi sel telur yang dibuahi oleh sperma. Namun, kram perut juga bisa menjadi tanda dimulainya menstruasi.

Salah satu cara membedakan kram perut tanda hamil dan menstruasi adalah dengan mengenali intensitas nyerinya. Biasanya kram perut saat hamil hanya terjadi dalam waktu singkat dan tidak terlalu nyeri. Pada masa ini, menstruasi biasanya berkepanjangan dan perut terasa sangat nyeri.

2. Mual

Mual merupakan gejala umum yang sering dialami wanita di awal kehamilan. Mual biasanya disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan rasa mual pada perut bahkan muntah-muntah.

Mual saat hamil biasanya terjadi pada pagi hari, namun tidak menutup kemungkinan mual juga dapat terjadi pada sore atau malam hari. Gejala-gejala ini biasanya mereda setelah awal kehamilan, sekitar 16 hingga 18 minggu. Meski mual merupakan gejala umum, gejala ini mungkin tidak terjadi jika kehamilan masih sangat dini.

3. Payudara lembut

Salah satu ciri awal kehamilan yang mungkin dialami wanita saat hamil adalah payudara menjadi lebih lembut. Perubahan payudara merupakan gejala umum pada awal kehamilan.

Hal ini terjadi karena jumlah hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh meningkat sehingga menyebabkan perubahan pada payudara. Namun, gejala tersebut biasanya juga bisa menjadi tanda dimulainya menstruasi.

4. Noda atau noda

Ciri awal kehamilan selanjutnya adalah munculnya flek. Bercak disebabkan oleh pendarahan implantasi. Biasanya flek muncul sekitar 6 hingga 12 hari setelah sel telur berhasil dibuahi.

Flek saat hamil terjadi ketika embrio menempel pada dinding rahim dan mengikis sebagian dinding rahim. Bercak akibat pendarahan implantasi biasanya hanya terdiri dari 1 hingga 2 tetes darah berwarna merah muda, kekuningan, atau kecoklatan.

Perlu diperhatikan bahwa sel telur memerlukan waktu untuk mencapai rahim. Jika flek terjadi beberapa hari setelah berhubungan intim, sebaiknya segera periksakan ke dokter karena flek tersebut tidak bisa disebabkan oleh pendarahan implantasi saat hamil.

5. Sakit kepala

Sakit kepala juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Sakit kepala disebabkan oleh peningkatan hormon secara tiba-tiba dan mempengaruhi sirkulasi darah.

Namun jika sakit kepala cenderung parah dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, segera dapatkan pertolongan medis untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Selain sakit kepala, gejala berikut juga mungkin terjadi di awal kehamilan.

  • Bengkak
  • sembelit
  • Keinginan untuk makan
  • Perubahan suasana hati/mood swing
  • kelelahan

Pastikan untuk memperhatikan setiap perubahan pada tubuh Anda dan bicarakan dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya jika Anda khawatir tentang gejala awal kehamilan.

Inilah salah satu ciri hamil 4 hari yang dialami wanita. Kehamilan biasanya terlihat sejak hari pertama terlambat haid, yaitu setelah sekitar 13 hingga 15 hari. Untuk mendeteksinya, Anda bisa menggunakan alat tes kehamilan atau test pack yang dijual bebas di pasaran untuk menyingkirkan kemungkinan kehamilan. Jika hasilnya positif, kemungkinan Anda hamil.

Jika Anda masih ragu dengan tanda-tanda kehamilan, sebaiknya coba konsultasikan ke dokter atau ahli kesehatan lainnya untuk mencari solusi dan mendapatkan pengobatan yang lebih tepat. Saya harap ini bermanfaat!
,

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube