header-int

Ciri-ciri Minggu Pertama Awal Kehamilan 2024

Minggu, 25 Feb 2024, 20:02:50 WIB - 371 View
Share
Ciri-ciri Minggu Pertama Awal Kehamilan 2024

Ciri-ciri Minggu Pertama Awal Kehamilan 2024

Ciri Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama Setiap wanita mungkin mengalami tanda-tanda awal kehamilan yang berbeda-beda, dan pada beberapa kasus, tanda-tanda tersebut sudah bisa dirasakan sejak minggu pertama kehamilan. Selain gejala umum seperti terlambatnya menstruasi, Anda mungkin juga mengalami gejala seperti sakit perut, perubahan payudara, bercak, dan kelelahan.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal yang cepat dan respon tubuh terhadap proses implantasi sel telur yang telah dibuahi di dalam rahim. Baca selengkapnya mengenai ciri-ciri kehamilan minggu pertama di sini.

Ciri-ciri Minggu Pertama Awal Kehamilan

Perubahan fisik umumnya tidak terlalu terlihat, namun beberapa wanita mungkin mengalami perubahan emosional atau fisik yang mungkin mengindikasikan kehamilan. Pembahasannya adalah sebagai berikut.

Perubahan Payudara

Perubahan payudara bisa dirasakan sebagai salah satu tanda awal kehamilan. Pada minggu pertama kehamilan, payudara biasanya menjadi lebih besar, lebih sensitif terhadap sentuhan, dan semakin lembut.

Pada minggu pertama kehamilan, timbul rasa gatal, warna puting susu menjadi gelap dan puting susu semakin terlihat. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormonal pada tubuh wanita.

Menstruasi Tertunda

Saat hamil, ibu tidak mengalami menstruasi. Bertemunya sel telur dan sperma menyebabkan siklus menstruasi tidak lagi berjalan normal. Sel telur yang telah dibuahi kemudian tumbuh menjadi janin, namun jika tidak dibuahi menjadi darah menstruasi.

Menstruasi yang terlambat juga bisa menjadi salah satu faktor penentu berkembang tidaknya suatu janin di dalam rahim ibu. Untuk memastikannya, coba hitung keterlambatan menstruasi Anda dengan cara berikut ini.

Mual dan Muntah

Ini Tanda-Tanda Hamil di Minggu Pertama Bagi kebanyakan wanita, sangat mudah untuk mengetahui tanda-tanda hamil di minggu pertama. Saat janin berada di dalam kandungan, tubuh memperlakukannya sebagai benda asing.

Akibatnya, sebagian ibu hamil muda mengalami mual dan muntah sebagai bentuk perlindungan diri, terutama pada trimester pertama.

Sebaliknya, sebagian wanita tidak mengalami mual atau muntah di awal kehamilan karena tidak adanya peningkatan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang signifikan.

Muncul Kram Perut dan Jerawat

Sel telur yang telah dibuahi mulai berkembang pada minggu-minggu pertama kehamilan dan membentuk organ janin. Sekitar 10 hari setelah pembuahan, implantasi terjadi di dinding rahim dan mungkin terjadi pendarahan.

Oleh karena itu, bercak darah saat awal kehamilan merupakan hal yang wajar. Begitu pula dengan kram perut, banyak aktivitas yang terjadi di perut ibu sehingga memerlukan waktu bagi tubuh untuk melakukan penyesuaian.

Jika Anda seorang ibu dan ingin mengetahui apa saja penyebab sakit perut dan cara mengatasinya agar bisa aktif kembali, baca di sini.

Peningkatan Suhu Tubuh

Suhu tubuh yang lebih tinggi dari normal bisa menjadi tanda kehamilan. Apalagi saat beraktivitas atau saat cuaca panas. Pastikan Anda minum cukup air.

Kelelahan

Kelelahan biasa terjadi pada trimester pertama, namun bisa dirasakan sepanjang kehamilan. Hal ini disebabkan meningkatnya kadar hormon progesteron yang dapat membuat ibu merasa mengantuk.

Sering Buang Air Kecil

Saat hamil, janin di dalam rahim membutuhkan ruang untuk tumbuh di dalamnya. Hal ini menyebabkan kandung kemih tertekan oleh rahim sehingga menyebabkan ibu lebih sering buang air kecil.

Sering buang air kecil terjadi pada trimester pertama atau minggu pertama kehamilan, berhenti pada minggu ke-12, namun kemudian kembali sering buang air kecil sekitar minggu ke-28, saat perut mulai membesar.

Perubahan Suasana Hati Yang Sering

Gejala-gejala di minggu pertama kehamilan ini sangat sulit dipahami dan ibu hamil rentan mengalami perubahan suasana hati. Terkadang Anda merasa bahagia, namun saat berikutnya Anda menjadi sangat sensitif dan emosional karena berbagai hal. Hal ini disebabkan oleh perubahan cepat pada hormon dalam tubuh.

Keinginan

Perubahan hormonal dalam tubuh menyebabkan ibu hamil menginginkan sesuatu secara berlebihan yang biasa disebut ngidam. Ngidam makan muncul tidak hanya saat awal kehamilan, tapi bisa bertahan hingga sembilan bulan hingga persalinan.

Sakit Punggung Bagian Bawah

Jika sebelumnya Anda tidak memiliki keluhan nyeri punggung, namun tiba-tiba menderita akibat nyeri pinggang, hal ini mungkin merupakan tanda kehamilan minggu pertama, namun nyeri pinggang ini juga dapat berlangsung terus menerus hingga akhir kehamilan.

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube