header-int

Daftar Ciri Ciri Penyakit TBC 2024 Wajib Di Perhatikan

Minggu, 25 Feb 2024, 20:29:15 WIB - 336 View
Share
Daftar Ciri Ciri Penyakit TBC 2024 Wajib Di Perhatikan

Gejala TBC awalnya berupa batuk. Ada ciri-ciri tuberkulosis lain yang harus Anda perhatikan. sesuatu?

Suhu Tubuh Meningkat

Tanda pertama penyakit tuberkulosis adalah peningkatan suhu tubuh (demam), terutama pada malam hari. Penderita tuberkulosis mungkin merasa sehat dan energik pada pagi dan sore hari, namun pada malam hari menjadi lemas dan demam. Peningkatan suhu tubuh ini biasanya berlangsung lebih dari tiga minggu, meski Anda sudah mengonsumsi obat penurun demam.

Keringat Malam

Suhu tubuh meningkat sehingga menimbulkan demam pada malam hari dan disertai keringat. Jumlah keringat yang Anda hasilkan jauh lebih banyak dibandingkan pada siang hari. Meski tidak terjadi pada semua penderita TBC, keringat malam bisa saja disertai gemetar.

Seorang Sering Merasakan Lelah

Meski tanpa aktivitas fisik, tubuh penderita tuberkulosis kerap merasa lelah. Hal ini ditandai dengan nyeri tubuh dan sakit kepala. Jika Anda sering mengalami kelelahan seperti ini, hubungi dokter Anda.

Kulit Pucat

Gejala TBC lainnya adalah kulit pucat. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan sel darah merah atau anemia pada tubuh. Kondisi ini cenderung menyebabkan kulit penderita TBC menjadi pucat.

Nafsu Makan dan Penurunan Berat Badan

Ciri fisik penderita tuberkulosis yang terlihat adalah penurunan berat badan. Keadaan ini diawali dengan Batuk dan  menurunnya nafsu makan. Ketika ini terjadi, tubuh melepaskan zat yang dapat menghabiskan energi dalam jumlah besar, dan terjadi proses yang memecah cadangan makanan. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube