header-int

Gejala Darah Tinggi (Hipertensi) yang Perlu Diwaspadai

Rabu, 28 Feb 2024, 18:30:07 WIB - 339 View
Share
Gejala Darah Tinggi (Hipertensi) yang Perlu Diwaspadai

Anda harus mewaspadai gejala tekanan darah tinggi (hipertensi).
Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan yang serius dan tersebar luas di masyarakat, tidak hanya di Indonesia tetapi hampir di seluruh dunia.

Tekanan darah tinggi adalah penyakit dengan meningkatnya tekanan darah di arteri. Peningkatan abnormal ini akan menyebabkan peningkatan berbagai penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, gagal jantung, serangan jantung, dan kerusakan ginjal.

Meski sebagian penderita tekanan darah tinggi tidak menunjukkan gejala apa pun, namun ada beberapa gejala umum yang terjadi pada penderita tekanan darah tinggi jika tidak segera ditangani atau bahkan bertahun-tahun

Gejala tekanan darah tinggi

Berikut beberapa gejala darah tinggi yang bisa terjadi jika tidak segera ditangani, antara lain:

  • Sakit kepala
  • Sesak napas
  • Kegembiraan
  • Penglihatan kabur
  • Mual dan muntah
  • Kegelisahan
  • Kelelahan

Mencegah tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menimpa siapa saja, terutama orang yang kelebihan berat badan. Oleh karena itu, penderita darah tinggi dan kelebihan berat badan disarankan untuk menurunkan berat badannya hingga mencapai berat badan ideal.

Selain itu, kita juga bisa mengontrol tekanan darah melalui pola hidup sehat seperti tidur yang cukup dan banyak makan buah dan sayur.

Jika Anda memiliki Ciri-ciri darah tinggi, ingatlah untuk segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat atau melakukan pemeriksaan kesehatan awal agar penyakit yang timbul dapat diobati secepatnya.
,

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube