header-int

Mengenal NPWP Beserta Jenis nya

Kamis, 22 Feb 2024, 17:26:46 WIB - 142 View
Share
Mengenal NPWP Beserta Jenis nya

Halo para pembayar pajak! Dalam dunia perpajakan, Anda mungkin sudah sering mendengar atau setidaknya mendengar tentang “NPWP”. Namun tahukah Anda apa sebenarnya arti NPWP?Merupakan nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak untuk keperluan administrasi perpajakan dan berfungsi sebagai tanda pengenal atau identitas pribadi Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya. NPWP tidak hanya sekedar identitas wajib pajak, namun juga mempunyai tugas menjaga dan memenuhi pembayaran pajak serta mengatur administrasi perpajakan wajib pajak. Sebab, semua dokumen perpajakan terkait dengan nomor NPWP.

Setiap wajib pajak hanya menerima satu NPWP. Nomor NPWP terdiri dari 15 digit, 9 digit pertama merupakan keterangan kode wajib pajak, dan 6 digit terakhir merupakan keterangan kode administrasi. Struktur NPWP lebih detail dapat dilihat pada gambar di atas. Arti dari kode NPWP dijelaskan sebagai berikut:

  • Dua angka pertama (XX) menunjukkan identitas wajib pajak, misalnya 01 - 03 adalah wajib pajak badan usaha, 04 - 06 adalah wajib pajak badan usaha, dan seterusnya.
  • Digit (Z) selanjutnya berperan sebagai kode keamanan untuk menghindari kesalahan atau gangguan pada NPWP.
  • Tiga digit berikutnya (XXX) merupakan kode KPP yang didaftarkan.
  • Tiga digit terakhir (YYY) menunjukkan status wajib pajak (perorangan, pusat atau cabang). 000 untuk status wajib pajak orang pribadi atau pusat, sedangkan 001, 002 dst untuk status wajib pajak cabang

JENIS NPWP

Biar Tak Salah Klasifikasi NPWP, Yuk Cari Tahu Jenis-Jenisnya! berikut perbedaannya:

1) NPWP Pribadi, mis. H. NPWP yang dimiliki oleh kelompok pendapatan di Indonesia. Berikut ini adalah orang-orang yang termasuk dalam daftar orang NPWP, yaitu:

  • mempunyai penghasilan dari bekerja
  • mempunyai penghasilan dari pekerjaan freelance
  • mempunyai penghasilan bisnis

2) NPWP Badan, yaitu NPWP yang dimiliki oleh setiap perusahaan atau badan usaha yang menghasilkan pendapatan di Indonesia. Berikut perusahaan yang masuk dalam daftar NPWP badan tersebut, yaitu:

  • Otoritas negara
  • Agen swasta
  • KEUNGGULAN NPWP

Meskipun NPWP merupakan dokumen penting, namun banyak masyarakat yang tidak memahaminya dan tidak menulis NPWP. Padahal, NPWP punya banyak keunggulan di dalam dan di luar perpajakan lho! Misalnya:

1) Persyaratan administrasi

Dengan NPWP kita dimudahkan dalam mengurus kebutuhan administrasi seperti bank.Contohnya adalah pinjaman bank, rekening uang nasabah (RDN), uang jaminan, rekening bank, pembuatan SIUP (Surat Izin Usaha), dan pembuatan paspor.

2) Menyederhanakan urusan perpajakan

Keunggulan lain dari NPWP adalah berkaitan langsung dengan kemudahan administrasi segala bentuk administrasi perpajakan. Jika Anda tidak memiliki NPWP, Anda mungkin tidak diperbolehkan membuat dokumen ini.

Melalui NPWP, pajak wajib dikecualikan dari sanksi hukum.

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube