header-int

Obat Amoxicillin Merupakan Obat Antibiotik Terbaik 2024

Rabu, 21 Feb 2024, 18:09:33 WIB - 368 View
Share
Obat Amoxicillin Merupakan Obat Antibiotik Terbaik 2024

Amoxicillin trihidrat Obat Apa adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Seperti sakit tenggorokan, diare, pneumonia, dan infeksi telinga. Anda hanya bisa menggunakan obat ini dengan resep dokter. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Orang dewasa dan anak-anak bisa mengkonsumsinya. Penelitian pada hewan pada wanita hamil tidak menunjukkan adanya risiko pada janin. Antibiotik yang termasuk dalam kategori penisilin juga dapat diserap ke dalam ASI.

Oleh karena itu, baik ibu hamil maupun ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Amoksisilin trihidrat tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, sirup, dan suntikan.

Manfaat Amoksisilin Trihidrat

Amoksisilin trihidrat berguna dalam mengobati semua jenis infeksi bakteri. Ia bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Dokter kerap mengombinasikan obat ini dengan obat lain untuk mengatasi sakit maag yang disebabkan oleh bakteri H. pylori. Tujuannya untuk membunuh bakteri dan mencegah luka datang kembali.

Penisilin hanya dapat mengatasi infeksi bakteri, sehingga tidak akan efektif jika digunakan untuk mengatasi infeksi virus. Menggunakannya saat Anda tidak membutuhkannya dapat mengurangi efektivitasnya saat Anda memang membutuhkannya di kemudian hari.

Dosis Amoksisilin Trihidrat

Dokter meresepkan dosis berdasarkan usia, berat badan, bentuk obat, jenis dan tingkat keparahan penyakit. Hanya dokter yang bisa meresepkan amoksisilin trihidrat dalam bentuk suntikan.

Bentuk suntikan umumnya dapat digunakan untuk mengobati meningitis atau endokarditis. Di bawah ini adalah dosis umum amoksisilin dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirup:

Sinusitis

Dewasa dan anak-anak dengan berat badan lebih dari 40 kilogram: 250-500 miligram per delapan jam. Dokter mungkin meningkatkan dosis menjadi 750-1000 miligram setiap 8 jam untuk infeksi parah.
Anak di atas tiga bulan: 20-90 miligram per 1 kg berat badan per hari.
Dosis di atas juga dapat Anda gunakan untuk mengobati abses mulut dan tenggorokan, otitis media, infeksi saluran kemih parah, infeksi kulit dan ginjal.

Infeksi Streptokokus

Bakteri streptokokus seringkali menjadi penyebab faringitis atau tonsilitis. Dosisnya adalah:

Dewasa: 500 miligram setiap 8 jam. Pada infeksi berat, dosis dapat ditingkatkan menjadi 750-1000 miligram setiap 8 jam selama 10 hari.
Anak dengan berat badan kurang dari 40 kilogram: dosisnya 40-90 miligram per 1 kg berat badan per hari.

Abses Gigi

Untuk orang dewasa, dosisnya adalah 3.000 miligram dua kali sehari setiap delapan jam.

Infeksi Helicobacter Pylori

Untuk pengobatan infeksi Helicobacter pylori pada orang dewasa, dosisnya adalah 750-1000 miligram dua kali sehari selama 7-14 hari. Secara umum, Anda dapat menggabungkan antibiotik dengan antibiotik lain dan penghambat pompa proton (PPI).

Anda juga perlu mengetahui mitos dan fakta mengenai bakteri Helicobacter pylori agar dapat lebih baik dalam menanganinya ketika gejalanya muncul amoxicillin.

 

Unidha Aisyiyah adalah salah satu organisasi gerakan sosial keagamaan yang tumbuh dan berkembang dengan pesat di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia Kiprahnya yang positif dan dinamis, bergerak di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk di antaranya bidang pendidikan.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube