Rumus lengkap VlOOKUP adalah =vlookup(kolom pencarian, tabel pencarian, kolom, 0). Di beberapa versi Microsoft Excel, pemisah koma diganti dengan titik koma (;).
Di bawah ini penjelasan elemen rumus VLOOKUP Excel dari berbagai spreadsheet:
Kolom Referensi : Kolom yang berupa data teks atau angka yang akan dicari.
Tabel referensi: tabel sumber data yang dipindahkan ke kolom referensi.
Kolom: Urutan kolom data dalam tabel referensi.
Nol (0) : Rumus agar nilai yang dikirimkan bersifat mutlak.
Contoh berikut memasukkan beberapa data berdasarkan tabel referensi yang ada.
Ilustrasi dengan rumus vlookup dan hlookup. Foto: Umar Tusin/Kuparan
Pertama, klik kolom yang ingin diisi. Pada contoh di atas, kita memasukkan data pada kolom D4 yang sesuai dengan data gaji pokok Kevin. Setelah klik pada kolom D4, masukkan rumus =VLOOKUP.
Karena tabel referensi hanya berisi informasi kelas, untuk mentransfer data gaji Kevin, Anda harus menemukan kelasnya.
Karena grup Kevin ada di C4, lanjutkan rumusnya dengan =VLOOKUP(C4.
Khusus untuk tabel pencarian, Anda dapat memblokir tabel pencarian atau menulis C13:F16 (berdasarkan contoh di atas). Setelah memblokir atau menulis tabel referensi, tekan F4 hingga tanda "$" otomatis muncul di rumus
Lihat contoh di bawah. Titik hijau adalah data tabel referensi.
Jika Anda memilih untuk melanjutkan rumus, maka data pada kolom rumus akan terisi berdasarkan tujuan data yang Anda cari.
Karena data yang dicari adalah gaji maka isikan angka 2 karena data gaji terdapat pada kolom kedua tabel referensi.
Selanjutnya masukkan angka nol (0) untuk menjadikan data yang dipilih menjadi absolut. Kemudian tutup media dan tekan Enter.
Jadi rumus gaji Kevin adalah = VLOOKUP(C4,C13:$F$16,2,0)
Setelah gaji pokok Kevin berhasil dimasukkan, Anda dapat memasukkan tambahan gaji pokok dengan menggerakkan kursor ke pojok kanan bawah kolom.
Lalu tarik ke bawah. Gaji pokok lainnya terisi secara otomatis.
Nah itulah rumus vlookup yang sudah kami jelaskan semoga bermanfaat untuk semua ya terimah kasih